Minggu, 05 Juni 2011

Internet TV (IPTV) Pertama di Indonesia diluncurkan.

PT Telkom meluncurkan IPTV (Internet Protocol Television) pertama di Indonesia bernama Groovia TV.
"Groovia TV ini adalah TV berbayar via internet merupakan produk terbaru Telkom yang berbeda dengan TV berbayar lainnya karena dapat interaktif," kata Dirut PT Telkom Rinaldi Firmansyah, saat peluncuran yang didampingi Dirut Telkom Vision Elvizar KH dan Direktur Konsumer Telkom Nyoman G Wiryanata di Jakarta, Sabtu (4/6).
Groovia TV ini memiliki fitur yang memungkinkan pelanggan dapat merekam (record), pause, dan rewind tayangan TV Favoritnya.
Selain itu ada fasilitas video on demand (VoD), game on line bahkan karaoke.
"Jadi dengan TV berbayar via internet ini, pelanggan memegang kuasa. Tak hanya operator yang menentukan," kata Rinaldi.
Groovia TV, lanjut Dirut Telkom itu, bukan sekadar konten televisi yang didistribusikan lewat internet, tetapi merupakan sinergi antara kemampuan interaktif internet dan web, dengan kekuatan media televisi.
Sebagai tahap awal, pemasaran Groovia TV dilakukan di Jakarta Selatan. "Kami melakukan ujicoba pelayanan dan kepuasan pasar di Jakarta Selatan dulu. Jika sudah bagus pelayanannya, maka akan dikembangkan ke bagian Jakarta lainnya, dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.
"Jika di Hong Kong ujicobanya memakan waktu tiga tahun, di Malaysia dua tahun, kami perkirakan ujicobanya cukup satu tahun setelah studi banding di kedua negara tersebut," kata Direktur Konsumer Nyoman.
Dana investasi yang diperkirakan menelan antara Rp50 miliar hingga Rp100 miliar ini diperuntukan membangun jaringan fiber optic agar mampu melayani akses broadband dengan kecepatan 6 Mbps (megabits per second) agar kualitas gambarnya bagus.
"Kami tidak main-main dengan kualitas karena targetnya satu juta pelanggan Groovia TV dalam waktu tiga tahun mendatang," kata Nyoman.
Target pelanggan Groovia TV merupakan kelas menengah ke atas karena biaya langgananya yang paling murah paketnya Rp695.000 per bulan untuk 1 Mbps, Rp1.045.000 untuk 2 Mbps, dan Rp1.745.000 untuk 3 Mbps.
Tapi bagi pelanggan speedy 1 Mbps cukup menambah Rp50.000 sudah bisa mendapatkan pelayanan Groovia TV dan menikmati 40 channel TV Hiburan.
Pelanggan pertama Groovia TV adalah artis Bunga Citra Lestari yang langsung menerima boks Groovia TV dari Dirut PT Telkom Rinaldi Firmansyah. [inilah.com]

Tidak ada komentar: