Minggu, 08 Mei 2011

Foto Jasad Osama Masih Menakutkan Bagi AS

Foto Jasad Osama Masih Menakutkan Bagi AS

Jakarta - Mengapa Presiden Barack Obama memutuskan untuk tidak menyebar luaskan foto jenazah Osama bin Laden? Bagi AS, Osama tak hany a menjadi momok semasa hidup tetapi jugafoto meninggalnya pun masih ditakuti.
Debat publik soal keengganan Obama menyebarkan foto jasad Osama bin Laden terus mencuat. Beberapa interpretasi atas langkah Obama itu adalah. Pertama, Obama tak ingin melukai perasaan masyarakat dunia yang simpati kepada Osama.
Apalagi kabarnya Osama tidak bersenjata saat ditembak pasukan elite AS. Jasadnya luka mengerikan dan bisa menimbulkan kemarahanMuslim radikal pada AS/Barat.
Kedua, dengan membuang jenasah Osama ke laut saja, masyarakat internasional sebagian sudah marah dan mengecam Obama/AS. Sehingga Obama sangat mungkin khawatir jikajasad Osama disebarkan, justru memicu semangat anti-Amerika.
Ketiga, Obama khawatir ada hal-hal tak terduga yang bisa mengancam Amerika. Hal inimengingat untuk sebagian kaum radikal, Osama adalah pahlawan dan legenda. Obama mungkin melihat lebih banyak mudharat ketimbang manfaat bila foto Osama disebarluaskan.
Obama bersikukuh tak akan menyebarkan foto Osama, meski harus menanggung risiko dianggap berbohong oleh dunia. Presiden Obama mengatakan ia tidak akan menerbitkangambar Osama bin Laden untuk membuktikan ia telah mati.
Sejauh ini, Gedung Putih membantah teori konspirasi yang menyebut Osama bin Laden belum meninggal. Namun, Gedung Putih khawatir foto-foto yang 'mengerikan' bisa melanggar sensitivitas orang.
Kalangan yang simpati dan mendukung Osama bin Laden masih meragukan kematian tokoh yang mereka kagumi, dan menduga kematiannya masih merupakan konspirasi ataupun kabar bohong, karena tak ada bukti otentik, sehingga selalu muncul pertanyaan "mana jenazahnya?".
Dalam kaitan ini, jurnalis BBC di Washington Paul Adams menyatakan Presiden Obama tampaknya mengambil keputusan bahwa penerbitan foto itu terlalu berisiko. Namun demikian, para senator mengaku telah melihatfoto Osama.
Benarkah foto tersebut bocor? Senator Kelly Ayotte menyatakan, ia telah melihat foto jasad Osama dari seorang koleganya. Senator dari Partai Republik ini yakin, bahwa yang ada di foto itu memang benar Osama. Namun demikian, kebocoran itu tak disebarkan.
Hanya saja, sangat mungkin pada akhirnya fotoOsama menyebar juga, sebagaimana rahasia Amerika yang mudah dibocorkan Wikileaks, dan ini jelas tantangan bagi Obama. [mdr]
Sumber : inilah.com

Tidak ada komentar: